Selasa, 03 Februari 2009

Rahasia Dibalik Harga Produk-Produk Made In China Yang Murah Dan Kompetitif


SELAMA KURANG LEBIH SATU DEKADE BELAKANGAN INI, Cina telah menjadi sebuah legenda karena kemampuannya memangkas semua harga, mulai dari barang-barang kebutuhan konsumen hingga mesin industri. Satu-satunya cara bersaing bagi perusahaan manufaktur lainnya adalah dengan pindah ke Cina. Seorang penulis majalah Fortune memberitakannya pada bulan Maret 2002, “CEO manapun yang ingin mendapatkan untung saat ini bukanlah dengan memutuskan untuk memindahkan kapasitas manufakturnya ke Cina, namun berapa banyaknya dan seberapa cepat hal itu bisa terlaksana.”
“Cina membuat Anda menjadi lihai atau mereka akan menghancurkan Anda,” demikian Wall Street Journal mengutip pernyataan Eslie Sykes, manajer pabrik Flextronics di Guadalajara, Mexico. BusinessWeek memuat liputan khusus tentang harga Cina. “Jika Anda masih membuat apapun dengan tenaga kerja yang besar,” demikian kutipan dari pernyataan Oded Shenkar, penulis dan profesor bisnis dari Universitas Ohio State, “lebih baik berhenti sekarang atau berdarah-darah hingga mati. Tidak akan berhasil dengan memangkas lima persen dari sini dan sana.”

The China Price adalah sebuah Riset Nyata dan Pembelajaran yang bertujuan untuk mengungkap biaya sebenarnya dari keuntungan kompetitif Cina. Siapa orang-orang di balik harga Cina ini? Bagaimana mereka membuat produk dengan sangat murah? Apa yang menjadi biaya mereka, dan untuk kita? Dan berapa lama mereka dapat bertahan?
Buat para CEO, Ekonom dan Business Man atau Mahasiswa, buku ini merupakan salah satu sumber inspirasi jadi sangat sayang dan merugikan jika dilewatkan.

1 komentar:

  1. Menarik jg bukunya, tapi belum ada terjemahan bhs Indonesianya ya? Nunggu aja ah, pusing kalo baca non fiksi bhs Inggris...

    BalasHapus